Menu

Olahraga di Masa Pandemi Corona

Wabah COVID-19 ini bukan menjadi penghalang bagi Anda untuk selalu melakukan olahraga. Banyak sport darling di masa pandemi corona yang dapat dicoba hanya di rumah serta mengikuti kelas secara online. Mengingat bahwa aktivitas fisik berpengaruh positif guna meningkatkan daya tahan tubuh. Terlebih saat ini banyak tuntutan yang megharuskan Anda #dirumahsaja.

Olahraga di Masa Pandemi Corona

Nyatanya banyak sekali kelas olahraga online yang bisa Anda ikuti dengan beragam jenis. Tidak hanya itu saja, melakukan aktivitas fisik di rumah sendirian juga bisa menjadi pilihan untuk tetap menjaga kesehatan meskipun sedang berada di masa pandemi corona ini. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Senam Aerobik

Banyak sekali kelas senam aerobik dapat Anda ikuti secara online. Biasanya setiap peserta harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum menjadi anggota. Nantinya mereka bisa bersama-sama mengikuti gerakan dari instruktur cukup di rumah saja dengan jadwal yang rutin.

Anda pun bisa melakukannya seorang diri tanpa harus menjadi anggota kelas senam tertentu. Pastinya sudah banyak video aerobik yang ada di Youtube atau platform lainnya. Gerakan fisik ini dapat dilakukan cukup di rumah saja dengan tidak mengajak orang banyak atau mengunjungi tempat umum.

  1. Yoga

Yoga menjadi salah satu olahraga yang membutuhkan konsentrasi. Tentu saja kegiatan ini memerlukan instruksi dari seorang ahli jika mereka masih belum memiliki keahlian untuk melakukan berbagai gerakan ini. Banyak orang masih menganggapnya terkesan mudah namun cukup sulit melakukannya.

Yoga bisa juga Anda lakukan tanpa harus mengikuti kelas online. Sebelumnya pastikan dulu bahwa area yang digunakan memang sepi dan tidak ada banyak orang sehingga meningkatkan konsentrasi pada saat melakukannya. Gerakannya terkesan sederhana namun efektif membuat tubuh berkeringat.

  1. Zumba

Zumba merupakan gerakan olahraga yang menyenangkan dan mudah sekali untuk diikuti. Aktivitas aerobik dengan menggabungkan gerak tarian ini akan diiringi dengan paduan musik internasional dan juga Latin. Instruktur akan mengkombinasikannya sehingga menghasilkan irama cepat atau pelan.

Salah satu tujuan dari gerakan Zumba adalah membakar kalori bahkan sebanyak 450 kkal. Anda bisa melakukan olahraga ini secara online dengan mengikuti berbagai kelas atau kursus. Banyak orang sudah ikut serta dengan program ini sehingga memudahkan untuk terus aktif bergerak meski di rumah.

  1. Muay Thai

Banyak orang memilih program olahraga ini agar bisa mendapatkan berat badan ideal sesuai keinginan. Hal ini dikarenakan seluruh aktivitas akan membuat seluruh anggota gerak tubuh ikut bergerak mulai dari gerakan siku, pukulan, tangkisan, tendangan sampai memutar pinggul.

Banyak sekali kelas muay thai secara online bisa Anda ikuti. Program seperti ini tentu akan memudahkan bagi orang yang menginginkan tetap berolahraga dengan efektif meskipun masih di masa pandemi ini. Biasanya peserta dapat dikenakan tarif kursus dalam waktu setiap jamnya.

  1. Kardio

Olahraga kardio dipercaya cukup efektif untuk membuat tubuh berkeringat sehingga mampu membakar lemak, bisa menurunkan kolesterol juga mencegah penyakit jantung seperti dr laser. Untungnya Anda bisa melakukannya cukup di rumah tanpa harus bertemu dengan orang banyak asalkan memiliki peralatannya meskipun hanya beberapa.

Beberapa peralatan yang mungkin Anda butuhkan yaitu treadmill, alat kardio dan juga sepeda statis. Manfaatkanlah perlengkapan tersebut untuk melakukannya di rumah. Jangan khawatir jika tidak memilikinya, gunakan skipping atau lompat tali sebagai alternatifnya.

  1. Push Up

Tentunya olahraga ini bisa dilakukan di rumah bahkan tanpa membutuhkan alat bantu. Anda bisa melakukannya secara rutin baik di pagi atau sore hari. Pastikan bahwa tubuh memang benar-benar bersedia untuk menjalankannya mengingat bahwa aktivitas fisik ini memerlukan banyak tenaga.

Push up merupakan olahraga yang bisa memperkuat tubuh di bagian atas terutama dada serta anggota gerak yakni kekuatan kaki dan tangan. Anda bisa melakukannya secara rutin agar memperoleh perasaan lebih fit dan tentunya meningkatkan daya tahan di masa pandemi ini.

  1. Berenang

Tanpa harus menghadiri kolam renang umum, Anda bisa berenang di rumah saja jika memilikinya. Olahraga ini dapat dilakukan bersama anggota keluarga dan tentunya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin agar efektif membakar lemak.

Berenang juga menjadi olahraga yang bisa meningkatkan kekuatan anggota gerak tubuh baik untuk kaki maupun tangan. Jangan lupa mengenakan baju renang serta melakukan pemanasan terlebih dahulu agar aktivitas fisik ini benar-benar efektif dalam menjaga daya tahan.

  1. Jogging

Anda pun bisa melakukan jogging dengan mengitari pekarangan rumah tanpa harus jauh-jauh mengunjungi lapangan atau stadion. Jangan lupa untuk mengenakan masker serta membawa hand sanitizer sebagai langkah antisipasi terhindar dari virus corona.

Jogging sebaiknya dilakukan di pagi hari sebab belum banyak orang yang berlalu lalang di sekitar tempat tinggal. Mengingat bahwa masa pandemi ini memang mengharuskan Anda agar membatasi kontak fisik dengan teman atau kerabat lain di luar rumah.

  1. Menari

Siapa sangka bahwa kegiatan menari bisa digolongkan menjadi salah satu olahraga yang efektif untuk menghasilkan keringat. Anda bisa memutar lagu favorit dan mulai mengikuti gerakannya. Tentu saja aktivitas fisik ini cukup menyenangkan dan dapat meningkatkan mood.

Selama Anda menari tentu akan menghasilkan keringat sebab tubuh terus bergerak dan aktif. Olahraga ini dapat dilakukan secara rutin bersama teman-teman meskipun hanya memanfaatkan perangkat online. Kebanyakan orang bisa saja menjadikan masa pandemi sebagai alasan untuk tidak produktif. 

Tips Olahraga di Masa Pandemi Corona

Masa pandemi bukan sebagai penghalang bagi Anda untuk selalu melakukan kegiatan olahraga di rumah. Banyak sekali aktivitas fisik yang dapat dicoba demi meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh. Lantas bagaimana tipsnya?

  1. Terus Bergerak

Anda bisa mencoba berbagai jenis kegiatan olahraga yang ada. Hal ini dapat menghindarkan dari kemungkinan adanya rasa kebosanan pada saat melakukannya secara terus menerus. Setiap orang tentu memiliki kebebasan untuk mengakses internet dan melihat berbagai video aktifitas fisik.

Banyak sekali video olahraga online yang bisa Anda akses melalui internet seperti Youtube baik berupa senam aerobik, yoga atau lainnya. Aktivitas fisik lainnya juga  bisa dicoba berupa naik turun tangga walaupun banyak orang menganggapnya sepele, namun nyatanya kegiatan ini juga cukup efektif.

  1. Penguatan Otot

Pedoman olahraga secara nasional juga menyarankan bahwa sebaiknya Anda melakukan aktivitas fisik yang memiliki fokus untuk penguatan otot. Kegiatan ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam sepekan sehingga efektif dalam meningkatkan kekuatan dan juga daya tahan di dalam tubuh.

Anda perlu melakukan kegiatan yang lebih dari sekedar berlari. Penguatan otot bisa dilakukan dengan menggunakan angkat beban di rumah sebagai latihan tambahan. Durasinya pun cukup singkat saja bisa sekedar 10 menit dan menambah waktu ketika aktivitas fisik ini sudah lama dipraktikkan.

  1. Konsumsi Banyak Protein

Tips yang perlu Anda lakukan dan sering dilupakan oleh banyak orang ialah mengonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi. Zat gizi ini berperan penting sebagai senyawa pembangun di dalam tubuh. Tentu saja hal ini akan berhubungan erat antara kegiatan olahraga yang sedang dilakukan.

Protein juga diakui mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Mengingat bahwa olahraga memang memerlukan banyak tenaga maka seseorang harus siap terlebih dahulu saat melakukannya. Jangan sampai mempraktikkan aktivitas fisik namun badan sedang tidak sehat atau bahkan saat sakit.

  1. Komitmen Berolahraga

Tidak jarang akan dijumpai banyak orang yang kedapatan merasakan malas di tengah jalan sebab kurang tertarik untuk melanjutkannya lagi. Anda harus memiliki komitmen dalam berolahraga agar menghindarkan dari gangguan kemalasan dan berakhir berhenti melakukan olahraga.

Anda bisa memasang target pada saat melakukan kegiatan olahraga. Misalnya yaitu ingin mempraktikkan push up 20 kali selama satu minggu. Tips lainnya yaitu lakukanlah secara bersamaan dengan teman-teman secara online sehingga lebih semangat dalam berolahraga.

  1. Membeli Peralatan Mahal

Hindari untuk membeli peralatan olahraga yang mahal karena Anda hanya akan menggunakannya pada saat alat masih baru saja. Tentu hal ini terasa kurang efektif atau bahkan bisa dikatakan sebagai pemborosan sebab tidak memakainya lagi di saat masa pandemi sudah berakhir.

Anda bisa menyiasatinya dengan mempraktikkan aktivitas fisik di rumah tanpa membutuhkan peralatan olahraga. Beberapa diantaranya seperti push up, sit up atau mengangkat beban secara rutin. Sebaiknya lakukan kegiatan tersebut secara bergantian selama 10 menit sebanyak 15 kali.

  1. Jangan Melakukan Berlebihan

Olahraga memang dapat berpengaruh positif bagi semua orang yang melakukannya asalkan tidak berlebihan. Hal ini bisa berakibat mengganggu kesehatan atau bahkan menurunkan daya tahan tubuhnya. Adanya overtraining justru membuat aktivitas fisik ini kurang berjalan efektif.

Sebaiknya Anda bisa melakukan olahraga fisik sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk memperhatikan durasinya. Sebaiknya lakukan kegiatan ini hanya selama 30 hingga satu jam saja. Harapannya adalah menghindarkan dari terjadinya overtraining yang mengganggu kesehatan.

  1. Hidrasi Tubuh

Selama berolahraga, kebutuhan akan hidrasi juga perlu diperhatikan. Mengingat bahwa kegiatan olahraga memang berfungsi untuk mengurangi cairan dalam tubuh dan juga membakar kalori. Terlebih jika Anda melakukan aktivitas fisik dalam waktu lama dan cukup berat seperti angkat beban.

Tidak heran jika Anda sering merasakan tenggorokan terasa kering sehingga mengharuskan untuk minum saat itu juga. Sebaiknya minum air putih 30 menit sebelum melakukan olahraga. Tujuannya adalah mengganti cairan dalam tubuh yang keluar melalui keringat agar mengurangi resiko dehidrasi.

  1. Pemanasan dan Pendinginan

Dua hal ini seringkali dilupakan oleh banyak orang pada saat mereka sedang melakukan olahraga. Penting sekali untuk melakukan pemanasan dengan meregangkan otot-otot tubuh terlebih dahulu. Harapannya adalah agar anggota badan lebih siap pada saat mempraktikkan gerakan secara aktif.

Peregangan otot pun perlu dilakukan ketika Anda sudah selesai melakukan olahraga. Tidak jauh berbeda, gerakan ini bisa membuat tubuh kembali rileks sehingga membuatnya kembali tenang setelah mempraktikkan banyak gerakan terutama aktivitas fisik. 

Itulah tadi beberapa sport darling di masa pandemi corona yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan dan perlengkapan sebelumnya sehingga olahraga akan jauh lebih efektif. Pastikan agar tidak melakukannya secara bersamaan dengan banyak orang di tempat umum.

Produk terbaru

Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822.4218.4828
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKonveksi Jogja Terbaik, Ini Keunggulan Menggunakan Layanannya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822.4218.4828
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPromosi Bisnis Percetakan Sablon Dengan Memakai Website, Ini Tipsnya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822.4218.4828
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangBaju Tim Bola Futsal Borneo FC Kalimantan
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822.4218.4828
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSetelan Jersey Futsal Dengan Polyflex Pesanan Dari Gunung Kidul Jogja
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822.4218.4828
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPembuatan Jersey Bola Futsal Dengan Desain Lengan Panjang
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822.4218.4828
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPembuatan Jersey Tim Bola Universitas Widya Mandala Surabaya
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822.4218.4828
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPembuatan Kaos Tim Futsal Desain Sendiri
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Order Sekarang » SMS : 0822.4218.4828
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPembuatan Jersey Kostum Futsal Full Print Motif Biru Army
Harga Rp (Hubungi CS)
Lihat Detail